Pengembangan Profesional Intel Skills for Innovation Level 1 - Pengguna Teknologi - Modul 1: Memperkenalkan Teknologi Di Dalam Kelas
bams0
Modul 1: Memperkenalkan Teknologi Di Dalam Kelas
Ringkasan kursus
Teknologi telah memainkan peran penting dalam pengajaran dan pembelajaran. Agar penerapannya berhasil, kita harus mempertimbangkan bagaimana teknologi menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna bagi siswa dari segala usia.
Modul ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada pendidik pada berbagai teknologi yang dapat diterapkan ke dalam kelas.
Hasil Belajar
Pada akhir modul ini, Anda akan mampu:
1. Mendefinisikan peran teknologi dalam mendukung pembelajaran
2. Memahami berbagai tingkat integrasi teknologi di ruang kelas
3. Merefleksikan peran pendidik di ruang kelas yang kaya akan teknologi
4. Pertimbangkan cara memperkenalkan teknologi di kelas Anda sendiri
Pada bagian pertama kursus ini, kita akan melihat bagaimana teknologi mendukung pembelajaran sebelum memilih alat yang sesuai dan mengintegrasikannya ke dalam perencanaan pembelajaran kita.
Terakhir, kita akan membahas tentang bagaimana integrasi teknologi telah mengubah cara kami mengajar dan apa yang dapat Anda pelajari dari kursus ini sebagai 'langkah selanjutnya' dalam menerapkan alat digital di kelas Anda.
Kegiatan Kursus
Pada modul ini, Anda akan belajar:
• Menonton video dan menjawab pertanyaan tentang penggunaan teknologi digital di kelas
• Diskusikan pandangan Anda mengenai teknologi, penggunaannya, dan kekhawatiran Anda mengenai penggunaan teknologi di dalam kelas
• Analisis tiga studi kasus tentang pendidik yang menggunakan berbagai jenis teknologi pendidikan untuk meningkatkan pengajaran mereka
• Diskusikan bagaimana teknologi berpotensi mengubah peran pendidik
Bagaimana cara menggunakan kursus ini
Berikut ini adalah beberapa tips yang akan membantu Anda memaksimalkan kursus multimedia ini!
Ini adalah kursus mandiri, jadi Anda bisa kembali ke pelajaran dan menonton ulang video kapan pun Anda mau. Selain itu, kami telah menyertakan pertanyaan refleksi dan bagian diskusi di seluruh kursus, di mana Anda dapat berinteraksi dengan pendidik lainnya. Karena Anda akan belajar secara mandiri, forum-forum ini dapat menjadi sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan memperdalam pengetahuan Anda tentang subjek ini.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kursus ini, kami mendorong Anda untuk berkontribusi dalam diskusi sebanyak mungkin.
" Kita membutuhkan teknologi di setiap ruang kelas dan di tangan setiap siswa dan guru, karena teknologi adalah pena dan kertas di zaman kita, dan merupakan lensa yang melaluinya kita mengalami sebagian besar dunia kita". David Warlick
Apa itu Teknologi Pendidikan?
Teknologi pendidikan menggabungkan perangkat keras komputer, perangkat lunak, serta teori dan praktik pendidikan untuk memudahkan pembelajaran. Istilah ini juga dapat digunakan sebagai istilah yang luas untuk mendeskripsikan alat apa pun yang kita gunakan di dalam kelas, mulai dari yang berteknologi rendah (misalnya papan tulis) hingga yang berteknologi tinggi (misalnya tablet).
Dalam kursus ini, kami akan menggunakan istilah "teknologi" untuk merujuk pada alat digital atau teknologi komputerisasi.
Berikut ini adalah beberapa cara berbeda yang dapat kita gunakan untuk menggunakan teknologi di dalam kelas:
Menggunakan papan tulis interaktif
Menggunakan laptop di kelas
Mengikuti kursus daring - seperti yang satu ini!
Pengalaman Anda dengan Teknologi Pendidikan
Tugas pertama kita hari ini adalah mendiskusikan pengetahuan dan kepedulian kita tentang penerapan teknologi dalam pelajaran. Penting untuk mempertimbangkan bahwa teknologi bukanlah tujuan itu sendiri, tetapi merupakan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan penggunaan teknologi dalam pendidikan adalah untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, bermakna, dan berdampak bagi peserta didik.
Berbagi ide dan kekhawatiran Anda tentang teknologi tidak hanya akan membantu Anda belajar tentang persepsi Anda sendiri, tetapi juga terlibat dengan sikap dan persepsi pendidik lain.
Petunjuk: Mulailah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Tulislah tentang pengalaman, pendekatan, atau sikap Anda terhadap teknologi. Anda bisa menulis sebanyak atau sesedikit mungkin. Setelah Anda memasukkan jawaban Anda, klik "SELANJUTNYA" untuk melihat jawaban lainnya.
Mengapa Menggunakan Teknologi Digital di Ruang Kelas?
Meskipun bagi kita yang merasa bahwa mengintegrasikan teknologi digital ke dalam ruang kelas cukup menakutkan, kita harus menyadari bahwa teknologi digital tidak akan hilang dalam waktu dekat - melainkan akan terus berevolusi dan mungkin akan menjadi bagian yang lebih penting dalam kehidupan kita.
Video ini memberikan lima alasan untuk menggunakan teknologi digital di ruang kelas. Sewaktu Anda menonton, dapatkah Anda memikirkan hal lain?
Bukan berarti hanya ada lima alasan saja. Ini hanya lima di antaranya;
1. Teknologi adalah masa depan.
2. Literasi Digital (Kemampuan seseorang untuk memanfaatkan teknologi digital secara konstruktif)
3. Engagment (keterlibatan/ketrikatan dengan teknologi membantu mengekspresikan pemikiran)
4. Opportunities (peluang dengan adanya teknologi; mengerjakan sesuatu lebih mudah , dapat melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak mungkin).
5. Change is good ( Perubahan itu baik)
Apa alasan penggunaan teknologi di ruang kelas yang disebutkan dalam video ini?
Teknologi itu;
Bermakna dan menarik bagi para siswa.
Mengajarkan peserta didik untuk melek digital.
Membuat segala sesuatunya lebih mudah.
Bagaimana Teknologi Digunakan di Ruang Kelas Saat Ini?
Sekarang mari kita lihat bagaimana salah satu distrik sekolah di Amerika berhasil mengintegrasikan teknologi dan dampaknya terhadap pembelajaran siswa.
Ketika Anda mengamati, pertimbangkan bagaimana hal tersebut telah memberikan manfaat bagi komunitas sekolah (peserta didik dan pendidik) serta kekhawatiran yang mungkin muncul.
Diskusi
Berikut adalah beberapa kemungkinan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut Bandingkan ini dengan milik Anda sendiri. Seberapa mirip/berbedakah keduanya? Dapatkah mereka dikelompokkan ke dalam area atau tema yang luas?
Bagaimana peserta didik mendapatkan manfaat dari integrasi teknologi?
Instruksi yang dipersonalisasi/Individual
Perbedaan dalam kecepatan atau konten
Kolaborasi
Bagaimana para pendidik mendapatkan manfaat dari integrasi teknologi?
Mampu memenuhi kebutuhan individu peserta didik di mana pun mereka berada
Dapat memberikan perhatian yang terfokus pada kelompok kecil/individu
Pendidik sebagai rekan pembelajar (tidak apa-apa membuat kesalahan!)
Bagaimana Anda membayangkan kelas dengan teknologi terpadu?
Laptop
Menggunakan internet
Papan tulis interaktif
Perangkat pintar (ponsel & tablet)
1:1 vs. teknologi yang digunakan bersama
Apa kekhawatiran Anda tentang mengintegrasikan teknologi di ruang kelas?
Tidak percaya diri menggunakan teknologi
Peserta didik lebih menguasai daripada pendidik
Sumber daya terbatas
Keamanan peserta didik
Akses yang tidak merata
Terlalu banyak waktu di depan layar
Meskipun mudah untuk melihat manfaatnya bagi para siswa dan diri kita sendiri, namun tidak selalu sesederhana itu. Sekolah kita mungkin tidak memiliki sumber daya yang memadai bagi para siswa untuk menikmati teknologi 1:1, jadi kita perlu merencanakannya, memikirkan apa yang mungkin dilakukan dalam batasan-batasan tertentu, dan membangun kepercayaan diri serta kemampuan kita sendiri.
Evaluasi Teknologi
Bagian ini akan melihat bagaimana para pendidik merencanakan pelajaran yang kaya akan teknologi yang melibatkan peserta didik mereka dalam berbagai mata pelajaran.
Jadi, bagaimana kita memulainya? Apakah kita perlu membuang rencana pembelajaran yang sudah ada dan dibuat dengan hati-hati?
Tentu saja tidak!
Seperti yang telah kita dengar di bagian sebelumnya, merencanakan pembelajaran dengan teknologi sama halnya dengan merencanakan pembelajaran tanpa teknologi; kita mulai dengan tujuan pembelajaran dan diakhiri dengan memilih sumber daya dan alat yang dapat membantu peserta didik mencapai tujuan tersebut. Kami tidak menggunakan teknologi hanya untuk kepentingan teknologi. Kita hanya perlu bertanya: Teknologi apa yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan pembelajaran dan keterlibatan dengan tugas khusus ini?
Kita akan melihat tiga studi kasus sekarang dan melihat bagaimana beberapa pendidik telah mengintegrasikan alat bantu digital ke dalam pelajaran mereka.
Saya tidak memulai dengan - inilah teknologi yang ingin saya gunakan, jadi apa yang akan saya ajarkan? Yang saya lakukan adalah mencari tahu apa yang ingin saya ajarkan dan kemudian bertanya apakah ada cara agar teknologi dapat menjadikannya pengalaman yang lebih baik?
Maria Youngblut, Guru Taman Kanak-kanak, Distrik Sekolah Komunitas Cardinal
Studi Kasus 01: Matematika Sekolah Dasar
Saksikan bagaimana para siswa ini belajar tentang sistem metrik dengan mengukur bagian-bagian tubuh mereka dan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Video ini berfokus pada aplikasi Kahoot.
Rencana Pelajaran Kaya Teknologi dalam Tindakan: Matematika Sekolah Dasar - Pengukuran Metrik
Lihat pelajaran matematika sekolah dasar yang kaya akan teknologi, di mana para siswa belajar pengukuran metrik dengan mengukur bagian tubuh mereka. Pelajaran ini termasuk alat edtech
01. Bagaimana peserta didik menggunakan Kahoot?
Mereka menggunakannya untuk mengulas pelajaran.
Mereka menggunakannya untuk bersaing satu sama lain.
02.Kertas adalah alat 'non-teknologi' yang dapat menggantikan Kahoot di dalam kelas.
03. Bagaimana Kahoot meningkatkan pembalajaran?
Ini menghitung hasil secara langsung.
Ini membuatnya lebih menyenangkan dan menarik.
Peserta didik segera mengetahui apakah jawaban mereka benar atau salah.
Studi Kasus 02: ELA Sekolah Menengah Pertama
Mari kita lihat seperti apa pelajaran ELA yang kaya akan teknologi tentang kata kerja di sekolah menengah. Pikirkan tentang bagaimana peserta didik menggunakan alat bantu ini dan manfaat pembelajaran apa yang mungkin muncul dari teknologi ini. Dalam video ini, kita akan fokus pada Padlet dan Tellagami, meskipun pelajaran ini juga mencakup alat bantu lain seperti PBS Kids, Nearpod, Google Drive, dan Kahoot.
01. Bagaimana peserta didik menggunakan Padlet?
Mereka bekerja secara berpasangan untuk menciptakan kalimat yang menggambarkan berbagai jenis suasana hati.
Mereka melihat contoh-contoh dari siswa lain yang ditempelkan di dinding.
02. Bagaimana Tellegami meningkatkan pembelajaran?
Hal ini membuat para siswa tetap terlibat karena mereka menciptakan sesuatu sendiri.
Hal ini membuat naskah mereka lebih hidup.
Hal ini memungkinkan para peserta didik untuk menciptakan sesuatu bersama-sama.
Studi Kasus 03: Sekolah Menengah Atas (SMA)/Ilmu Sosial
Saksikan para siswa melakukan riset, membuat naskah, dan membuat podcast yang membandingkan Renaisans Shakespeare dengan masa kini. Pelajaran ini mencakup alat-alat berikut ini: Poll Everywhere, Chalkup, dan AudioBoom Ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, persempit fokus Anda hanya pada satu atau dua alat.
Bagaimana pendidik menggunakan berbagai alat bantu ini di ruang kelasnya? Sesuaikan alat dengan kegunaannya.
Poll Everywhere = Mengecek pemahaman dan mengulas pelajaran sebelumnya
AudioBoom = Untuk merekam podcast dan meningkatkan kemampuan bicara dan artikulasi
Chalkup = Untuk berbagi penelitian dengan siswa lain, kirimkan sumber untuk digunakan dalam podcast mereka
Alat berteknologi rendah apa yang digunakan sebelumnya?
Kartu pusat perhatian
Apa manfaat penambahan teknologi di ruang kelas bagi pelajar?
Hal ini membantu mereka mempelajari informasi baru yang sebelumnya tidak mereka ketahui.
Hal ini memungkinkan mereka untuk melakukan penelitian yang kuat dan menemukan jawabannya sendiri.
Hal ini memungkinkan mereka untuk menciptakan sesuatu sendiri.
Kerangka kerja SAMR
Pertanyaan-pertanyaan pada kegiatan sebelumnya memandu kita untuk memilih teknologi yang mendukung tujuan pembelajaran yang ada dengan cara yang bermakna dan tidak hanya sekedar 'dilempar' untuk digunakan.
Pertanyaan-pertanyaan yang Anda jawab telah disatukan ke dalam sebuah kerangka kerja yang disebut SAMR untuk membantu para pendidik menerapkan teknologi ke dalam tujuan pembelajaran mereka.
SAMR dalam Tindakan
SAMR pada dasarnya adalah alat perencanaan yang membantu kita merancang pengalaman belajar yang lebih baik bagi para peserta didik dan memberikan wawasan pedagogis tentang penggunaan teknologi di dalam kelas.
Jadi, apa artinya ini dalam praktiknya? Berikut ini ada beberapa gagasan. Contoh pertama menunjukkan bagaimana kita dapat menerapkan kerangka kerja SAMR pada laporan buku bahasa Inggris, yang dapat dilakukan di tingkat sekolah dasar dan seterusnya Yang kedua adalah proyek Sains sekolah menengah tentang gempa bumi.
Hal penting yang perlu diingat adalah bahwa SAMR tidak mengharuskan kita untuk menemukan kembali apa yang sudah kita ajarkan, tetapi menambahkannya ke dalam daftar aktivitas dan tugas yang sudah ada untuk mendorong integrasi teknologi dan keterlibatan siswa ke tingkat yang lebih tinggi.
Bagaimana Anda memilih alat yang tepat untuk ruang kelas Anda?
Kita sudah membahas tentang mengintegrasikan teknologi ke dalam alur pembelajaran; sekarang, apa yang harus kita pertimbangkan saat memilih alat bantu?
Klik nomor di samping setiap area untuk mempelajari lebih lanjut.
Pengajaran & Pembelajaran
Nomor 1
Pedagogi apa yang saya coba dukung dengan teknologi ini? Bagaimana teknologi akan meningkatkan pengajaran? Penting untuk mempertimbangkan tujuan instruksional Anda dan kemudian menemukan teknologi yang akan membantu peserta didik Anda mencapainya. Teknologi tidak secara otomatis meningkatkan pengajaran dan pembelajaran, namun jika diselaraskan dengan tujuan instruksional Anda secara keseluruhan, teknologi dapat bermanfaat.
Nomor 2
Kemudahan Penggunaan
Seberapa mudah teknologi ini untuk digunakan? Apakah perlu waktu lama untuk mempelajari cara menggunakannya/mengajari peserta didik cara menggunakannya?
Pikirkan tentang keramahan pengguna, kecepatan (jika perlu 4 menit untuk memulai komputer, itu bisa setara dengan 12 jam waktu pembelajaran yang terbuang selama satu tahun!), antarmuka pengguna, dan pelatihan serta dukungan yang ditawarkan oleh penyedia.
Nomor 3
Interaktif
Banyak teknologi yang meningkatkan aktivitas interaksi antara pendidik dan peserta didik. Misalnya, mereka dapat menawarkan kemampuan untuk pelaporan dan pelacakan masukan yang dapat sangat membantu peserta didik dan pendidik. Manfaat lain dari interaktivitas termasuk penggunaan dalam kerja kelompok dan di seluruh bidang studi.
Nomor 4
Mudah di akses
Apakah teknologi ini dapat di akses oleh semua peserta didik di kelas? Sebagai contoh, jika Anda ingin menggunakan aplikasi untuk perangkat genggam di kelas, maka setiap siswa harus memilikinya. Selain itu, video tanpa teks merupakan tantangan bagi peserta didik dengan gangguan pendengaran, dan teknologi berbasis teks mungkin tidak masuk akal bagi peserta didik yang mengalami kesulitan membaca.
Nomor 5
Hemat biaya
Bandingkan biaya teknologi dengan apa yang dapat Anda lakukan. Beberapa teknologi murah dan dapat digunakan dalam berbagai cara yang berbeda. Beberapa teknologi mahal dan hanya dapat digunakan dalam satu atau dua cara. Anda mungkin menemukan beberapa sumber daya "gratis" yang hebat, hanya untuk menemukan bahwa beberapa konten terbatas tanpa langganan itu!
Meskipun tanggung jawab untuk memilih perangkat teknologi bagi peserta didik Anda mungkin tidak menjadi tanggung jawab Anda secara pribadi, namun penting untuk mengetahui kriteria-kriteria ini saat mendiskusikan perangkat yang potensial dengan rekan kerja dan pimpinan sekolah.
Saat Anda mencari dan memutuskan aplikasi apa yang akan digunakan, Anda perlu meneliti aplikasi tersebut dan mempertimbangkan hal-hal seperti biaya dan potensi masalah privasi saat memilih aplikasi apa yang akan digunakan untuk kelas Anda
Peran Pendidik dalam Kelas dengan Teknologi Terpadu
Sekarang kita telah melihat bagaimana teknologi dapat mentransformasi pembelajaran, apa implikasinya bagi kita sebagai pendidik?
Mari kita dengarkan dari seorang guru yang menceritakan bagaimana integrasi teknologi telah membuatnya menyesuaikan gaya mengajarnya dengan kebutuhan yang terus berubah. Saat Anda mengamati, pertimbangkan dampak integrasi teknologi terhadap komunikasi dengan peserta didik dan perannya di dalam kelas.
Pengaruh Integrasi Teknologi
Mari kita renungkan apa yang telah kita lihat sejauh ini dan apa arti integrasi teknologi bagi peran kita di kelas.
Bagaimana Anda memperkirakan hal ini akan berdampak pada:
Bagaimana Anda berkomunikasi dengan peserta didik?
Bagaimana Anda bekerja dengan individu?
Bagaimana pembelajar Anda memperoleh pengetahuan dan keterampilan?
Keyakinan Anda sendiri tentang mengajar dan belajar?
Bagaimana Anda melibatkan peserta didik secara kreatif?
Apa yang kamu lakukan selanjutnya? (Apakah ada sesuatu yang Anda lihat hari ini yang ingin Anda coba atau jelajahi lebih jauh?)
Aktivitas: Kualitas Guru Abad 21
Menurut Anda, kompetensi apa yang seharusnya dimiliki seorang pendidik abad ke-21? Peran apa yang mereka mainkan di kelas? Tuliskan lima kata yang terlintas di benak Anda pada kata awan di bawah ini: Inovatif - Kolaboratif - Adaptif - Inspiratif - Kreatif
Berikut ringkasan singkat tentang apa yang telah kami bahas selama kursus ini:
Apa itu teknologi pendidikan dan potensi pemanfaatannya di kelas
Menganalisis bagaimana teknologi digunakan di ruang kelas saat ini dengan mengevaluasi penggunaan alat teknologi pendidikan oleh berbagai pendidik
Kerangka kerja SAMR dan bagaimana hal ini membantu mengintegrasikan teknologi secara efektif
Perubahan peran pendidik di kelas dan kualitas guru abad ke-21
Kami harap Anda menggunakan kursus ini sebagai titik awal untuk mulai berpikir tentang penggunaan teknologi dalam lingkungan pendidikan Anda - dengan mengingat hal-hal yang telah Anda pelajari selama ini. Jangan takut untuk mencoba beberapa hal baru dengan pelajar Anda!
Dalam modul berikut, Anda akan berkesempatan mempelajari berbagai teknologi yang dapat Anda terapkan di kelas.
Teknologi saja tidak akan meningkatkan prestasi siswa. Kombinasi terbaiknya adalah guru hebat yang bekerja sama dengan teknologi untuk melibatkan siswa dalam mencapai pembelajaran yang mereka butuhkan
Tugas Refleksi Peran Pendidik dalam Integrasi Teknologi Ini cuman contoh;
إرسال تعليق